Jumat, 11 Februari 2011

Cost Volume Profit Concept : Contribution Margin Basic Concept

Contribution Margin adalah amount remaining (jumlah yang tersisa) dari jumlah penjualan produk setelah dikurangi dengan biaya variable yang berkaitan dengan proses barang tersebut sampai dijual. Dengan kata lain kita bisa melihat apabila jumlah contribution margin itu bisa mengcover semua biaya tetap (fixed cost) maka bisa dipastikan kalau penjualan itu akan menghasilkan laba.
konsep tersebut bisa dijelaskan berdasarkan formula berikut : 


[ Sales revenue − Variable cost =  Contribution Margin ]

[ Contribution margin − Fixed cost = Net operating Income or Loss ]

Note : Baik variable cost maupun fixed cost di sini termasuk biaya dari manufacturing overhead maupun dari sales administration expenses

Contoh kasus :
Anggaplah bahwa PT. ABC mampu menjual satu unit produk seharga Rp. 250.000/unit dengan jumlah variable expense nya Rp. 150.000 dan fixed cost nya sebesar Rp.5.000.000.
Maka kurang lebih Income Statementnya adalah sebagai berikut :
Dari data di atas kita bisa lihat bahwa PT ABC rugi kalau hanya bisa menjual 1 unit. Terus bagaimana caranya biar PT ABC bisa untung, minimal BEP (Break Even Point/Laba = 0).
Dari Formula di atas kita bisa simpulkan bahwa BEP akan 0 jika saja Contribution Margin = Fixed Cost.
Dan itu akan terus terjadi kalau kita ingin mendapatkan nilai BEP yaitu Contribution Margin = Fixed Cost.
Dari contoh mari kita hitung :
BEP-------> CM = Fixed Cost
CM = 5.000.000
CM/unit * Sales Qty = 5.000.000
100.000 Sales Qty = 5.000.000
Sales Qty = 5.000.000/100.000
Sales Qty = 50

Mari Kita Buktikan Bahwa dengan Qty = 50 maka akan terjadi BEP
Kesimpulan, PT ABC harus mampu menjual minimal 50 unit apabila tidak mau rugi. Semoga Bermanfaat.
Terima kasih dan mohon koreksinya apabila ada kesalahan ataupun kekurangan

source : accountingformanagement.com







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar