Rabu, 22 Desember 2010

What’s Balance Sheet? Memahami Apa Itu Balance Sheet


Secara hafiah, Balance Sheet itu bias didefinisikan sebagai gambaran menyeluruh mengenai kondisi financial suatu entitas ekonomi atau sebuah perusahaan. BS ini biasanya ditampilkan pada periode waktu tertentu, biasanya di akhir tahun fiscal baik itu secara bulanan maupun tahunan. Hal demikian karena memang ada perusahaan yang melakukan Closing Time secara bulanan. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar yang dalam sebulan bisa mengentri ribuan bahkan jutaan transaksi. Hal tersebut merupakan langkah controlling juga soalnya pasti “ribet” kan kalau seandainya  closingnya dilakukan setahun sekali. Bisa-bisa ga pulang-pulang tuh yang lakuin closingnya. Hehe….. Belum lagi kalau perusahaanya terdiri dari macam-macam divisi (Contoh divisi Manufacture, Sales & Admin) tambah belibet aja dah tuh kalau closingnya ga dilakuain tiap bulan.
Nah, si Balance Sheet ini menampilkan list-list mengenai Assets (Harta) yang dimiliki perusahaan dan Liabilities (Hutang/Kewajiban) yang harus dibayar perusahaan kepada entitas lain, dan selisih antara AssetsLiabilities ini disebut dengan Capital (Modal) atau Stockholder’s Equity. dan
Untuk lebih jelasnya mari kita ikuti pemaparan untuk masing-masing komponen dari Balance Sheet itu.
A.      Assets
Assets merupakan gambaran financial mengenai semua sumber daya yang dimiliki oleh suatu entitas ekonomi. Biasanya assets ini dibagi-bagi lagi berdasarkan kelompok-kelompok yang lebih spesifik lagi, misalnya :
1.  Current Assets, yaitu assets yang mudah dijadikan kas atau assets yang akan digunakan dalam jangka pendek (kurang dari setahun) dan umurnya juga akan habis pakai dalam jangka waktu setahun. Contoh current assets ini misalnya cash (kas), account receivable (piutang), inventory (persediaan), prepaid expense (biaya dibayar di muka), advance payment, Shortterm loan dan lain sebagainya.
2.   Long term investment seperti invenstasi dalam stock/saham atau asuransi.
3.  Plant Assets (Fixed Assets) atau Tangible Assets seperti tanah, peralatan, bangunan, mesin dll yang merupakan assets yang masa manfaatnya lebih dari setahun.
4.   Intangible assets seperti hal paten, franchise, goodwill dan hak cipta.
B.      Liabilties, biasanya liabilities ini dibagi kedalam
1.  Current liabilities, yaitu hutang jangka pendek perusahaan yang jatuh temponya kurang dari setahun.
2.  Long term liabilities, yaitu hutang jangka panjang perusahaan yang jatuh temponya lebih dari setahun.
C.      Equity / Capital, untuk lebih mudahnya definisi dari equity adalah modal karena ada perbedaan antara equity untuk perusahaan korporasi sama perusahaan non korporasi, tetapi secara umumnya modal. Untuk perusahaan korporasi, equity ini terdiri dari :
1.   Capital Stock termasuk sejumlah uang yang diterima dari para investor yang menanmkan modal di saham perusahaan. Capital stock ini biasanya terdiri Dario preferred stock, common stock dan paid in capital.
2.   RE (Retained Earnings, merupakan akumulasi keuntungan dikurangi dengan dividen.
Untuk lebih jelasnya saya berikan contoh Balance Sheet.
Semoga bermanfaat ya :)
Source : 
Larry M. Walther & Christopher Skousen, "The Accounting Cycle". 2009. Bookboon.com
Eswards Fields, "The Essentials of Finance & Accounting for Nonfinancial Managers". 2002.
accountingcoach.com

1 komentar: